Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Senin, 15 Maret 2010

Pokok-pokok Aqidah Salaf yang diikrarkan Imam al-Asyari

/ On : 07.55/ Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung di BLOG saya yang sederhana ini. Semoga memberikan manfaat meski tidak sebesar yang Anda harapakan. untuk itu, berikanlah kritik, saran dan masukan dengan memberikan komentar. Jika Anda ingin berdiskusi atau memiliki pertanyaan seputar artikel ini, silahkan hubungi saya lebih lanjut via e-mail di istanabukuislam@gmail.com.
Pokok-pokok Aqidah Salaf yang diikrarkan Imam al-Asyari

Harga: Rp 29.500,00
Pengarang: Dr. Muhammad Abdurrahman al-Khumais
Penerbit: PUSTAKA DARUL HAQ
Berat: 0,4 kg



Deskripsi:
Abu al-Hasan al-Asyari, sosok yang sering kali dinisbatkan sebagai pendiri aliran Asy'ariyah, pernah mengalami tiga fase dalam berakidah. Pertama, beliau menganut akidah Mu'tazilah selama kurang lebih empat puluh tahun karena banyak terpengaruh oleh bapak tirinya yang sekaligus gurunya, al-Jubba i. Kedua, berakidah Kullabiyah, aliran yang diajarkan oleh Ibnu Kullab al-Bashri. Setelah mempelajari lebih mendalam dan mendapatkan dalil yang lebih kuat, pada akhirnya beliau mantap kembali (rujuk) kepada Manhaj Salaf. Akidah beliau ini tertuang secara detail dalam kitab al-lbanah fi Ushul ad-Diyanah dan Maqalat al-lslamiyyin wa Ikhtilaf al-Mushallin. Sikap rujuk Imam Abu al-Hasan al-Asyari ini menimbulkan asumsi salah dari kaum awam yang mengklaim bahwa sikap beliau ini karena takut ancaman Hanabilah. Pokok-pokok akidah as-Salafush Shalih yang diintisarikan dan kemudian disyarah DR. Muhammad bin Abdurrahman al-Khumais dari Maqalat al-lslamiyyin ini adalah pokok-pokok akidah yang mana banyak golongan tersesat di dalamnya. Tidak terkecuali mereka yang mengklaim sebagai pengikut Imam al-Asy'ari. Menurut Imam al-Asy'ari dan semua ulama salaf, Allah bersemayam di atas Arsy. Tidak demikian bagi kelompok al-Asy'ariyah yang meyakini bahwa Allah ada di mana-mana. Perbedaan ini semakin kentara dalam hal takwil tentang Asma dan Sifat-sifat Allah. Buku ini diharapkan dapat mengungkap fakta akidah yang akhirnya dianut dan diajarkan oleh Abu al-Hasan al-Asy'ari, sehingga dapat membuka cakrawala hati pengikut-pengikutnya.
Bookmark and Share
Related Posts with Thumbnails

KAJIAN ISLAM ONLINE

Foto saya
Toko buku Islam online. Menyediakan berbagai buku Islam dari penerbit buku bermanhaj salaf. Melayani pembelian eceran maupun grosir. Untuk pesanan dalam jumlah besar, ada diskon spesial. PEMESANAN HUBUNGI: 0817 250 686


Free Shoutbox by ShoutCamp